Soft drink... Minuman yang sangat ngetren di masyarakat (bahkan dikonsumsi oleh anak-anak) ini ternyata juga menyimpan bom waktu (istilah saya sendiri). Karena dari informasi yang saya tahu, soft drink masih lebih banyak ketidakbaikannya untuk kesehatan kita. Seperti salah satu artikel yang saya baca dari Metronews.com ini...
Metrotvnews.com, Washington: Orang yang menenggak soft drink dua kali atau lebih dalam seminggu memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker pankreas. "Gula jadi biang keladi," kata Mark Pereira dari University of Minnesota, baru-baru ini.
Orang yang menenggak jus buah selain soda tidak memiliki resiko yang sama. Penelitian dilakukan pada 60.000 orang di Singapura, sebagaimana dikutip dari Reuters.
Menurut Pereira, tingkat gula yang tinggi dalam soft drink bisa meningkatkan insulin dalam tubuh. Kelebihan insulin berperan melahirkan sel kanker pankreas.
Pereira menyebutkan, kanker pankreas berkembang dalam diri 140 dari 60.524 relrelawan. Ternyata mereka minum soft drink dua kali atau lebih dalam seminggu.
Kanker pankreas adalah salah satu jenis kanker yang mematikan. Ada 230.000 kasus di dunia. Di Amerika Serikat, 37.680 orang didiagnosa menderita kanker pankreas dalam setahun dan 34.290 mati karena itu.
Menurut The American Cancer Society, kelangsungan hidup selama lima tahun dari penderita kanker pankreas sekitar 5 persen.
Beberapa peneliti percaya asupan gula yang tinggi dapat memicu kanker, meski bertentangan dengan bukti. Sel tumor menggunakan lebih banyak glukosa daripada sel-sel lain. Sekaleng soda non-diet berukuran 355 ml mengandung 130 kalori, kebanyakan berasal dari gula.
0 komentar:
Poskan Komentar